Jumat, 19 Agustus 2016

1.     Pengertian Hari Kiamat

Kiamat menurut bahasa adalah hari kehancuran dunia, kata ini diserap dari bahasa Arab "Yaum al Qiyamah" , yang arti sebenarnya adalah hari kebangkitan umat. Sedangkan hari kiamat (kehancuran alam semesta beserta isinya) dalam bahasa Arab adalah "As-Saa’ah".
Secara istilah Yaumul Qiyamah sering diartikan hari kiamat (kehancuran alam semesta beserta isinya). Yaumul Qiyamah sama halnya dengan Yawm ad-Din yang artinya suatu periode (masa) dimana akan terjadi kebangkitan sebuah komunitas umat manusia yang hidup berdasarkan agama Allah (dinullah).

2.     Pengertian Iman Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari akhir adalah mempercayai dan meyakiniakan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelahkehidupan yang fana di dunia ini. Manusia harus percaya bahwa pada suatu saat nanti dunia yang kita huni beserta isinya ini akan hancur lebur. 
maka dengan meyakini bahwa hari kiamat itu pasti terjadi akan membuat seseorang lebih berpikir dalam bertindak / tidak semena-semena / tidak sesuka hatinya, karena dengan apa yang dia lakukan di dunia akan dia pertanggung jawabkan kelak di akhirat.

3.     Dalil-Dalil Naqli tentang Hari Kiamat

1.      Firman Allah SWT. dalam QS. al-Hijr [15]: 92-93
فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (٩٢)عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٩٣)
                   Artinya: “Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua, tentang apa yang  
                                    telah mereka kerjakan dahulu”. (QS. al-Hijr [15]: 92-93)

2.      Firman Allah SWT. dalam QS. al-Anbiya' [21]: 47
وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا حَاسِبِينَ

               Artinya: “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka Tiadalah            dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan”. (QS. al-Anbiya' [21]: 47)

3.      Firman Allah SWT. dalam QS. al-Insan [76]: 20
وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا
Artinya: “Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai                  macam  kenikmatan   dan kerajaan yang besar”.    (QS. al-Insan [76]: 20)

4.      Firman Allah SWT dalam QS Al-Waqi’ah [56]: 56
هَذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ
Artinya : Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan".

   5. Firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah [2]:8
وَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ آمَنَّا بِاللّهِ وَبِالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ
Artinya : Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian",padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. (Q.S. al Baqarah ayat 8)

  6. Firman Allah SWT Al-Quran surat al-Taubah (9) ayat 8 :
كَيْفَ وَإِن يَظْهَرُوا عَلَيْكُمْ لاَ يَرْقُبُواْ فِيكُمْ إِلاًّ وَلاَ ذِمَّةً يُرْضُونَكُم بِأَفْوَاهِهِمْ وَتَأْبَى قُلُوبُهُمْ وَأَكْثَرُهُمْ فَاسِقُونَ
Artinya :Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. al Taubah ayat 8)

 7.  Al-Quran surat al-Maidah (5) ayat 69
: إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَالَّذِينَ هَادُواْ وَالصَّابِؤُونَ وَالنَّصَارَى مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وعَمِلَ صَالِحًا فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ
Artinya :  Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(Q.S. al Maidah ayat 69)

8. Al-Quran surat al-Baqarah (2) ayat 177 :
لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَالْمَلآئِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّآئِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُواْ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاء والضَّرَّاء وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ
Artinya :Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Q.S. al Baqarah ayat 177)
9. Firman Allah SWT dalam QS. Az-zumar [39]: 68
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاء اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُم قِيَامٌ يَنظُرُونَ
Artinya : dan sangkakalapun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang dilangit dan Dibumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali Lagi(sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun(dari kuburnya) Menunggu (keputusan Allah.
  10.   Firman Allah SWT dalam QS Taha[20]: 124
:وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
Artinya : dan barang siapa berpaling dari peringatanku maka sungguh, dia akan nMenjalani kehidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkannya nPada hari kiamat pada keadaan buta.
11. Firman Allah SWT dalaQS Taha[20] 125
:قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنتُ بَصِيرًا
Artinya :  Dia berkata. “ya tuhanku, mengapa Engkau kumpelkan aku dalam keadaan buta?”
12. Firman Allah SWT dalam QS Al-hijr [15]: 92-93
:عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ  (92) فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِيْنَ
Artinya : maka demi tuhanku, kami akan menanyakan mereka semua, tentang apa Yang mereka kerjakan dahulu.
13. Firman Allah SWT dalam QS Al-zalzajah [99] 6
:يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
Artinya: Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnyadalam keadaan yang bermacam-macam, supayadiperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaanmereka.





4.     Macam-macam Kiamat

1. Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil)
Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat. Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.
          2. Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar)
Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur. Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.
5.     Tanda-Tanda Kiamat
Tanda-Tanda Kiamat Kecil

1. Diutusnya Rasulullah saw
Jabir r.a. berkata, ”Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda, ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian.’ Beliau melanjutkan, ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini.’ Rasulullah saw. mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)
2.       Disia-siakannya amanat
Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata, “Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.” Berkata sebagian yang lain, “Rasul saw. tidak mendengar.” Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu, ”Saya, wahai Rasulullah saw.” Rasulullah saw. Berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” Bertanya, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. Menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)
3.       Penggembala menjadi kaya
Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)
4.       Sungai Efrat berubah menjadi emas
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, ”Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi)
5.       Baitul Maqdis dikuasai umat Islam
”Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000.” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).
6.       Banyak terjadi pembunuhan
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)
7.       Munculnya kaum Khawarij
Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai di tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Di mana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR Bukhari).
8.       Banyak polisi dan pembela kezhaliman
    “Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah,   dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)
9.       Perang antara Yahudi dan Umat Islam
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)
10.   Dominannya Fitnah
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

11.   Sedikitnya ilmu
12.   Merebaknya perzinahan
13.  Banyaknya kaum wanita
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)
14.   Bermewah-mewah dalam membangun masjid
Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)
15.  Menyebarnya riba dan harta haram
     Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Tanda Tanda Hari Kiamat Kubra.

1- Tanda Tanda Hari Kiamat kubra adalah Dajjal
Tanda dari datangnya kiamat kubra yang pertama adalah keluarnya dajjal. Dajjal adalah keturunan yahudi makkah yang lahir pada zaman Rosul SAW. Dajjal artinya pendusta. Sedangkan ciri ciri dajjal adalah matanya buta sebelah, Dajal bisa menyembuhkan segala penyakit, menghidupkan yang mati, dan Dajjal mengaku dirinya adalah tuhan.
Rosulullah SAW bersabda tentang munculnya Dajjal dan tanda tanda hari kiamat yang artinya
‘’Sebelum keluarnya dajjal, akan datang masa kemarau 3 thun, tahun yang pertama 2/3 hujan dan 1/3 kemarau, dan pada th ke 2, menjadi 2/3 kemarau dan 1/3 hujan, dann pada th ke 3 tidak lagi ada hujan yang ada hanya kemarau sehingga di bumi tak ada hewan dan tumbuhan.

2- Tanda tanda hari kiamat adalah turunya Nabi Isa bin Maryam.
‘’Dan sesungguhnya ‘Isa itu benar benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat, karena itu janganlah kamu ragu ragu akan hari kiamat dan ikutilah aku inilah jalan yang lurus” (Q.S Az-zusuf:61)


Imam Mahdi adalah keturunan Dari Nabi Muhammad SAW yang akan memimpin islam dan menyelamatkan dunia. Dan Imam mahdi juga membawa kedamaian dunia, Tapi dengan kepemimpinan Imam Mahdi ini menunjukan jika hari Kiamat akan segera datang.
4- Tanda Tanda hari kiamat Kubra adalahmunculnya Ya’juj Ma’juj
Tentang tanda datangnya hari kiamat yang berupa Ya’ju Ma’juj ini, sebuah sumber menjelaskan jika Ya’juj Ma’juj ada dua macam yakni yang satu besar sekali dan yang satu kecil sekali. Sekarang bertempat di belakang benteng  yang di bangun olah raja islam dan Dzulkarnain. Yang jika sudah Sampai pada tanda hari kiamat yang ini, Ya’juj Ma’uj akan keluar dan meminum air laut bahiroh di negara thobariah sampai airnya habis.

5-Tanda Tanda Hari Kiamat Kubra adalah Terbitnya matahari Dari Barat.
Terbitnya Matahari dari arah barat adalahTanda Datangnya Kiamat Kubra dan juga menjadi ayat ayat allah yang jelas, dan menunjukan habisnya kehidupan dunia. Sebab Terbitnya matahari dari barat itu Allah mengingatkan kepada mahluknya dengan di tutupnya pintu taubat dan hancurnya alam semesta, dan tidak di terimanya iman.

6- Tanda Hari Kiamat  Keluarnya Dabbah Yang bisa berbicara dengan Manusia
Dabbah adalah hewan yang di sebut sahab,berkaki empat dan berbulu, berkepella sapi dan bermata babi telinganya seperti gajah, dan dadanya seperti macan kumbang, badanya seperti macan tutul dan bawaanya adalah tongkat nabi Musa AS dan Cincin Nabi Sulaiman Astingginya 60 hasta dan bisa berbicara seperti manusia. Orang yang lari di kejar Dabbah pasti kena dan pekerjaannya dalah mencap manusia dan capnya tidak akan hilang hingga hari kiamat.

7- Tanda Hari Kiamat Kubra adalah Hilangnya Al-Qur’an
Menjelang datangnya Hari Kiamat , Al-Qur’an akan hilang darii muka bumi.

8- Tanda Hari Kiamat Keluarnya asap (Dukhon)
Asap atau Dukhon datangnya setelah datangnya tanda datngnya hari kiamat sebeblumnya yakno Dabbah. Datangnya asap yangmanjadi tanda hari kiamat ini akan mengakibatkan duburnya orang kafir seperti orang mabuk dan orang mukmin seperti pilek. Dan itu selama 40 hari.

9- Tanda Hari Kiamat adalah keluarnya api.
“Awalnya tanda hari kiamat adalah keluarnya api yang menggiring manusia dari jagad timur menuju jagad barat”
6.     Untaian Peristiwa Kiamat
Dengan memperhatikan S. At-Takwîr [81]: 1-14 seolah-olah berbagai peristiwa alam âkhirah (آخِرَة) terjadi dalam waktu yang sama, tetapi jika diperhatikan beberapa hadis Nabi Saw. dan banyaknya peristiwa yang terjadi pada masa itu, maka dapat dipahami bahwa peristiwa-peristiwa yang terjadi di âkhirah (آخِرَة) mengalami proses, mulai dari berakhirnya kehidupan di dunia, yaitu binasanya semua makhluk yang hidup, baik yang di langit maupun yang di bumi selain makhluk-makhluk yang dikecualikan Allah (di dalam S. Az-Zumar [39]: 68). Kemudian, benda-benda langit seperti matahari menjadi padam, bintang-bintang berjatuhan, gunung-gunung dan bumi serta segala isinya hancur pula (di dalam S. At-Takwîr [81]: 1–4), lalu disusul dengan kebangkitan kembali makhluk-makhluk yang telah dimatikan itu (S. Az-Zumar [39]: 68). Api neraka pun dinyalakan dan surga didekatkan (S. At-Takwîr [81]: 12–13). Pengadilan dan penghitungan dilakukan terhadap amal yang telah dikerjakan dan barulah terjadi pembalasan atau ganjaran (S. An-Naba’ [78]: 21–37). Al-Quran menegaskan bahwa hari akhirah (آخِرَة) atau hari kiamat itu datangnya tiba-tiba dan hanya Allah yang mengeta­hui kapan datangnya. Nabi Muhammad Saw. sendiri pun tidak diberi tahu tentang hal itu (S. Al-A‘râf [7]: 187). Yang jelas, hari kiamat atau akhirah (آخِرَة) itu pasti tiba(S. Al-Hijr [15]: 85), tiada keraguan tentang kedatangannya (S. Ghâfir [40]: 59) dan telah dekat waktunya (S. Al-Qamar [54]: 1). Selain tergambar dari nama-nama hari akhirah (آخِرَة) di atas, suasa­na yang terjadi pada    masa itu juga digambarkan pada ayat-ayat lain,  di antaranya: Pada waktu itu, sekiranya manusia yang berdosa dapat menebus kebebasannya dari siksa neraka dengan emas sebesar dunia, mereka akan melakukannya, tetapi itupun tidak diterima (S. Al-Mâ’idah [5]: 36); orang akan lari menghindar dari saudara, ibu, ayah, teman, dan anak-anaknya karena masing-masing disibukkan dengan urusannya sendiri-sendiri (S. ‘Abasa [80]: 34–37 dan S. Al-Ma‘ârij [70]: 11–18), anak dan harta tak ada lagigunanya (S. Asy-Syu‘arâ’ [26]: 88), tidak ada lagi urusan jual-beli dan persahabatan yang akrab (S. Al-Baqarah [2]: 254), orang tak dapat lagi memberikan bantuan atau mencelakakan orang lain (S. Ad-Dukhân [44]: 41), tidak ada orang yang berbi­cara kecuali atas izin Allah (S. Hûd [11]: 105), lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas perbuatan yang mereka lakukan di dunia (S. An-Nûr [24]: 24), sementara mulut ditutup (S. Yâsin [36]: 65), dan tidak ada seorang pun yang dirugikan, karena masing-masing mendapat balasan atas apa yang telah dilakukannya (S. Yâsin [36]: 54). Karena dahsyatnya suasana itu, orang-orang yang berdosa sudah tidak tahan lagi menunggu giliran untuk diadili, sehingga meminta agar segera saja dijatuhi hukuman tanpa melalui penghitungan amal mereka (di dalam S. Shâd [38]: 16), orang-orang kafir dan yang mendurhakai Rasul berharap agar diratakan saja dengan tanah, karena mereka tidak dapat menyembunyikan kejahatan dariAllah (S. An-Nisâ’ [4]: 42) betapa pun kecilnya. Mereka berangan-angan agar dijadikan tanah (S. An-Naba’ [78]: 40).


6b. Untaian Peristiwa Alam Akhirat
Alam barzah adalah suatu dunia lain yang dimasuki seseorang setelah meninggal dunia untuk menunggu datangnya kebangkitan kembali pada hari kiamat. Pada alam kubur akan datang malaikat mungkar dan nakir untuk memberikan pertanyaan seputar keimanan dan amal perbuatan kita. Jika kita beriman dan termasuk orang baik, maka di dalam kubur akan mendapatkan nikmat kubur yang sangat menyenangkan daripada nikmat duniawi, sedangkan sebaliknya bagi orang yang tidak beriman kepada Allah SWT, siksa kubur praneraka yang pedih sudah menanti di depan mata.
Hari Kebangkitan / Yaumul Ba'ats
hari kebangkitan adalah hari dibangkitkannya seluruh manusia yang pernah hidup di dunia baik yang tua, muda, besar, kecil, hidup di zaman nabi adam as, baru lahir saat kiamat, dsb akan bangkit kembali dari mati untuk kemudian dihitung amal perbauatannya selama hidup di dunia. Seluruh manusia akan bangkit kembali dengan jasad / tubuh ketika masih muda dengan raut yang wajah berbeda-beda sesuai amal perbuatannya.
Yaumul Mahsyar
Yaumul mahsyar adalah tempat dikumpulkannya seluruh manusia dan makhluk hidup lainnya dari awal zaman hingga akhir jaman untuk dilakukan hisab atau peradilan tuhan yang sejati pada yaumul hisab. Selanjutnya akan diberangkatkan ke jembatan shirotol mustaqim untuk disortir mana yang masuk surga dan mana yang masuk neraka. Yang terjatuh di neraka akan menjadi penghuni neraka baik yang kekal abadi maupun yang hanya sementara hingga segala dosa-dosanya yang tidak terlalu berat itu termaafkan.
7.     Hikmah Beriman Kepada hari Kiamat
1. Tidak akan meniru pola hidup orang kafir (yang tidak beriman).
Allah SWT telah memperingatkan kita supaya tidak terpedaya dan ikut-ikutan gaya hidup orang kafir, yang penuh dengan kebebasan (foya-foya, dugem, mabok, free sex, dll). Itu adalah kesenangan sementara saja, selama hidup didunia. Tetapi akibatnya ditanggung selama-lamanya didalam neraka jahanam. Naudzubillahi min dzaalik.

2.
 Selalu beramal sholeh dan meningkatkan ketakwaan.
Orang yang beriman dengan adanya hari akhir yakin dan mengharap akan bertemu dengan Allah, oleh karena itu dia akan selalu berusaha beramal sholeh dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Sehingga ketika menemui-Nya dalam keadaan siap.



3. Selalu berbuat baik dan benar.
Orang yang beriman kepada hari akhir akan selalu berbuat baik dan benar dalam hidupnya.
“Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikit pun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafaat kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong.” (QS 2:123)

4. Mau berjihad dijalan Allah dengan jiwa dan harta.
Berjihad bagi orang yang beriman kepada hari akhir adalah sebuah kemestian, karena jihad dengan jiwa dan harta merupakan jual beli seorang mukmin dengan Allah, serta merupakan pembenaran atas keimanannya.

5. Tidak bakhil (kikir) dalam berinfaq.
Ketika seseorang beriman kepada hari akhir, ia akan selalu berinfak dijalan Allah dengan tidak kikir. Karena ia tahu akibat kikir terhadap hartanya itu dikemudian hari, serta ia tahu pahala yang berlipat ganda yang diterimanya bila ia berinfak dijalan Allah SWT.


5.     Memiliki kesabaran dalam kebenaran dan ketika tertimpa musibah. 
Ketika keimanan kepada hari akhir tertanam dalam hati, maka orang itu akan selalu sabar dalam kebaikan dan dalam keadaan apapun. Meskipun musibah menimpa dirinya, ia akan tetap sabar bahkan meningkatkan kesabarannya.

8.     Nama Lain dari Hari Kiamat
Al-Quran menggunakan pula istilah atau kata lain untuk menunjuk peristiwa alam akhirat, antara lain 
1.    Yaumul Qiamah = hari kiamat
Dimana dunia ini akan hancur lebur beserta isinya tanpa ada yang tersisa sekalipun
2.    Yaumul Hasrah = hari penyesalan
Dimana ada penyesalan bagi manusia yang selama hidupnya selalu berbuat kezaliman dan ingin bertaubat, tetapi tidak akan bisa
3.    Yaumul Mahaasabah = hari perhitungan
Hari dimana segala manusia di hitung amal perbuatannya selama di dunia
4.    Yaumul Masaa-alah = hari pertanyaan
Hari dimana manusia ditanya dengan berbagai pertanyaan, tetapi ketika pertanyaan itu di jawab dengan perkataan bohong maka dia akan disiksa dengan siksa yang amat pedih
5.    Yaumul Munaaqasyah = hari perdebatan
Hari dimana ketika manusia tidak mau mengakui akan perbuatannya di dunia maka di akhirat kelak aka nada suatu bukti yang benar keadaanya
6.    Yaumul Munaafasah = hari perlombaan
Perlombaan di mana setiap manusia membangun gedung-gedung bertingkat dan sebagainya
7.    Yaumul Zilzalah = hari kegoncangan
Hari dimana ketika dunia ini tergoncang dan dengan seketika semua isinya hancur tiada tersisa
8.    Yaumud Damdamah = hari kebinasaan
      Hari dimana semua manusia binasa tanpa tersisa
9.    Yaumush Shaa’iqah = hari halilintar
Hari dimana ketika halilintar menyambut dengan kerasnya hari kiamat dan mebuat semua manusia yang ada didunia takut
10. Yaulul Waaqi’ah = hari kejadian yang sukar
Hari dimana dunia menjadi sukar dan kejadian hari kiamat membuat manusia merasa takut
11. Yaumul Qaari’ah = hari peristiwa besar
Hari dimana peristiwa yang paling besar terjadi di antara peristiwa-peristiwa besar lainnya
12. Yaumul Raajifah = hari bumi bergoncang
Hari dimana bumi ini bergoncang dengan kuat dan dahsyat
13. Yaumud Daahiyah = hari bala bencana
Hari dimana bencana paling besar terjadi
14. Yaumul Aazifah = hari yang sudah dekat waktunya
Kiamat belum tentu kita sadari kapan terjadinya, tapi sebenarnya dengan perbuatan-perbuatan manusia yang sekarang ini membuat kiamat akan cepat terjadi dan sudah semakin dekat tanpa kita sadari
15. Yaumul Haaqqah = hari keadaan yang sebenarnya
Hari dimana keadaan sesuangguhnya terjadi
16. Yaumuth Thaammah = hari bahaya
Hari dimana semua manusia merasa bahaya akan semua yang terjadi di hari kiamat
17. Yaumush Shaakhkhah = hari suara yang memekikkan telinga
Hari dimana mebuat telinga ketika terasa bising dan membuat diri kita sendiri takut akan hari kiamat
18. Yaumut Talaaq = hari berjumpa dengan Tuhan
Hari dimana kita berjumpa dengan tuhan, tapi bagi orang yang memiliki amal yang banyak wajib dia melihat tuhan
19. Yaumul Firaaq = hari perpisahan
Hari dimana perpisahan akan terjadi anatara sanak keluarga
20. Yaumul Qishash = hari mengambil pembelaan
Hari dimana ketika orang ditanyai akan hal yang dia perbuat kemudian dia telah di aniaya ketika di dunia maka dia akan mendapat pembelaan yang sangat banyak
21. Yaumul Tanaad = hari panggil memanggil
Hari dimana ibu memanggil suaminya, anak memanggil ibunya dan sbagainya. Tapi panggilan itu tidak di hiraukan karena hari itu hari diri sendiri tanpa memerhatikan orang lain
22. Yaumul Hisaab = hari perhitungan amal
Hari dimana perhitungan amal manusia di timbang
23. Yaumul Ma-aab = hari kembali
Hari dimana manusia kembali kea lam yang semula dia tempati yaitu alam yang lebih fana yaitu akhirat
24. Yaumul Adzaab = hari siksa
Hari dimana penyiksaan dilakukan kepada orang yang berbuat kejahatan selama di dunia
25. Yaumul Firaar = hari lari
Hari dimana manusia lari akan ketakutan hukuman yang dia dapati ketika di akhirat tetapi walaupun berlari dgn cepat itu tidak akan membuat dia terhalang dari siksaan
26. Yaumul Liqa' = hari pertemuan
Hari dimana kita akan bertemu dengan sanak keluarga yang sudah meninggal dunia
27. Yaumul Baqa' = hari kekal
Hari dimana kita akan kekal untuk selama-lamanya
28. Yaumul Qadla = hari qadla' (putusan)
Hari dimana kita diberi keputusan untuk menghuni surge atau neraka
29. Yaumul Jazaa' = hari pembalasan
Hari dimana segala perbuatan kita akan dibalas dengan seadil-adilnya
30. Yaumul Bukka' = hari tangisan
Hari dimana manusia yang banyak dosanya akan menangis untuk meninta ampunan tetapi ampunannya tidak diterima kecuali dengan syafaat nabi
31. Yaumul Haar = hari perkumpulan
Hari dimana kita semua manusia akan berkumpul di tempat yang sangat panas yaitu di padang mahsyar
32. Yaumul Waa'iid = hari janji akan siksa
Hari dimana kita dijanjikan akan siksaan yang sangat pedih akan kesalahan yang kita perbuat
33. Yaumul Wazn = hari timbangan
Hari dimana pahala dan dosa di timbang
34. Yaumul Haq = hari kebenaran
Hari dimana semua kebenaran akan terbukti dan kesalahan akan terbukti juga
35. Yaumul Hukm = hari hukuman
Hari dimana kita di hokum akan kesalahan dan dosa kita selama di dunia
36. Yaumul Ba'ts = hari kebangkitan
37. Yaumul Fath = hari kemenangan
38. Yaumul Khizyi = hari kehinaan
39. Yaumul 'Aqiim = hari sial
40. Yaumul Diin = hari agama
41. Yaumul Yaqiin = hari yakin
42. Yaumun Nusyuur = hari berserak-serak
43. Yaumul Mashiir = hari-hari tempat pengembalian
44. Yaumun Naf-khah = hari tiupan
45. Yaumush Shaihah = hari pekikan keras
46. Yaumur Raj-fah = hari goncangan
47. Yaumush Rajjah = hari bergerak-gerak
48. Yaumuz Zaj-rah = hari menakuti
49. Yaumush Sakrah = hari bermabukkan
50. Yaumul Faza' = hari ketakutan
51. Yaumul Jaza' = hari gunda gulana
52. Yaumul Muntahaah = hari penghabisan
53. Yaumul Ma'waa = hari tempat tinggal
54. Yaumul Miiqat = hari tepat waktu
55. Yaumul Mii'aad = hari tempat kembali
56. Yaumul Mir-shaad = hari tersedia menanti
57. Yaumul Qalaq = hari kekacauan
58. Yaumul 'Araq = hari keringat
59. Yaumul Iftiqaar = hari keperluan
60. Yaumul Inkidaar = hari kekeruhan
61. Yaumul Intisyaar = hari bertebaran
62. Yaumul Insyiqaaq = hari terbelahnya langit
63. Yaumul Wuquf = hari berhenti
64. Yaumul Khuruuj = hari keluar
65. Yaumul Khuluud = hari kekal
66. Yaumut Yaghaabuun = hari terpedaya
67. Yaumun 'Abuus = hari kesukran
68. Yaumun Ma'luum = hari yang dimaklumi
69. Yaumun Mau'uud = hari yang sudah dijanjikan
Kiamat sudah di janjikan akan terjadi oleh Alloh swt maka wajib kita mmpercayainya
70. Yaumun Masy-huud = hari yang disaksikan
Hari yang disaksikan oleh seluruh manusia
71. Yaumun Laa-raiba fiih = hari yang tidak diragukan
Hari dimana hari itu akan terjadi dan pasti akan terjadi
72. Yaumun Tublas Saraa-ir = hari yang dipercobakan segala rahasia
73. Yaumun Laa taj-zii Nafsun 'Annafsin Syai-an = hari yang tidak akan mampu mengganti dari seorang dengan oranglain
74. Yauun Tasy-khashu Fiihil Bashaa-ir = hari yang memandang padanya segala mata
75. Yamun Laa Yugh-nii Maulan'an Maulan Syai-an = hari di mana seorang tidak mampu menolong sahabat yang lain
76. Yumun Yadda'uuna Alaa Naari Jahannama Da'an = hari yang ditolakkan mereka
77. Yaumun Yas-habuuna Finnaari'alaa Wujuuhihim = hari di mana mereka mukanya akan ditarik ke dalam neraka
78. Yaumun Taqallabu Wujuuhuhum Finnaar = hari di mana muka mereka akan ditelungkupkan ke dalam neraka
79. Yaumun Laa yaj-zii Waalidun 'An Walaadihi = hari yang tidak akan bisa seorang ayah menolong anaknya
80. Yaumun Yafirrul mar-u min akhii-hi wa ummihi wa-abiihi = hari di mana manusia lari terbirit-birit dari saudaranya, lari ayahnya dan ibunya
81. Yaumun Laa yanthi quuna walaa yu'-dzanu lahum fayak-tadziruuna = hari di mana mereka tidak bercakap-cakap karena tidak diizinkan, lalu mereka minta maaf
82. Yaumun Laa maradda lahu minallah = hari yang tidak ada penolakan dari Allah
83. Yaumun Humbaarizuuna = hari di mana muka mereka akan didatangkan
84. Yaumun Hum'allanna ri Yuf-tanuuna = hari yang mana mereka dicobakan ke dalam neraka
85. Yaumun Laa yanfa-'u maalun banuuna = hari yang tidak bermanfaat akan harta dan anak-anak
86. Yaumun Laa yaanfa'udh-dhaalimiina ma'dziratuhum walaa humulla'natu walahum suu-uddari = hari di mana tidakakan bermanfaat dalihnya orang-orang dhalim, bagi mereka suatu kutukan dan tempat yang buruk
87. Yaumun Turaddu fiihil maa'adz-dziru wa tublassaraa-iru watadl-harudhdlamaa-iru watuk syaful-astaaru = hari di mana semua dalih ditolak, ditahan segala rahasia, ditampakkan segala isi hati dan singkap segala tirai
88. Yaumun Takh-sya-'u fiihil Ab-shaaru watas kunul-aswaatu wayaqillu fihil-tifaatu wa tabruzul-khafiyyatu wa tadh-harul khathii-atu = hari yang pada mereka penglihatannya tetap, segala suara tenang, sedikitpun tidak mengelak, keluar segala yang tersembunyi dan nampak semua kesalahan
89. Yaumun Yusaaqul-'ibaadu wa ma'a humul asy-haadu wayashiibush-shaqiiru wayaskarul kabiiru = hari yang semua hamba dihalau, bersama mereka anggota badan menjadi saksi, anak kecil sudah beruban dan orang tua menjadi mabuk


Nah itu dia makalah "HARI KIAMAT", kalau mau di copas boleh aja :D, kalau gue mah iya-iya aja :)
#anak baik dongg.. hihihi (PDnya gue).
Ya udahh dehh cukupp ini ajaa yaa, semoga bisa membantu kalian
sorry ya kalau kurang lengkap menurut kalian tapi menurut gue udah lengkap kok :)

3 komentar:

  1. 1xbet korean sportsbooks
    If you want to enjoy online 바카라 사이트 betting, you are sure to love 1xbet as For this reason, 1xbet allows 1xbet you to play the latest kadangpintar sports in one place and more.

    BalasHapus
  2. Lucky Club Casino Site 2021
    【 Official site of 카지노사이트luckclub Lucky Club 】 - LUCKY CLUB. The Lucky Club online casino site offers a wide range of games to choose from and is one of the most

    BalasHapus
  3. Hard Rock International (NASDAQ: HRI) | Gaming - Dr. MD
    Gaming at the Hard Rock International is one of the fastest growing casino software providers in 충주 출장안마 the U.S. 수원 출장마사지 We are 사천 출장샵 a leading software 사천 출장마사지 provider, 화성 출장샵 with more than 1,000 games

    BalasHapus